Jogja Wonderland Part 3

Akhirnya ditulis juga nih bagian ketiganya, agak telat finishingnya hehe.. setelah kemarin jalan ke berbagai tempat keren di jogja-wonderland-part-2, jadi di hari terakhir liburan, gue hanya mengunjungi dua obyek wisata di jogja, karena di hari ketiga ini, gue udah harus balik ke jakarta jam 4 sore. Jadi, gue pilih destinasi yang nggak terlalu jauh dan nggak terlalu ribet serta bikin badan capek. Tempat yang gue kunjungi adalah,
1. Candi Borobudur
Udah pada tahu dong ya Borobudur, destinasi wisata yang pasti jadi incaran para turis di Jogja. Gue beruntung banget waktu dateng ke Borobudur, sepiiiiiii.. belum banyak pengujung. Jadi bisa take foto sepuasnya. Wajarlah sepi, gue dateng hari senin, bukan weekend dan masih jam 8 pagi hehe.. Yuk ambil gambar full nya borobudur!

Sepi banget kan!! Nih masih ada satu lagi yang super sepiii hihihi...
Setelah puas muterin candi dan foto-foto, gue lanjut ke candi yang tersohor berikutnya,
2. Candi Prambanan
Menurut gue, Prambanan itu candi yang megah dan kece hehe.. bingung aja, bangun candi setinggi ini butuh berapa lama dan berapa ton batu serta berapa banyak pegawainya ckckckck..
Nggak bisa kasih komentar panjang lebar soal candi- candi ini, karena gue bukan ahli bebatuan atau seni pahat. Yang gue tahu, gimana caranya mengabadikan obyek ini jadi foto yang bagus hahaha..
Akhirnya, usai sudah liburan gue kali ini. Dari Prambanan langsung ke bandara adisucipto, karena Jam 4 sore udah harus take off ke Jakarta. Alhamdulillah semua rencana liburan kali ini berjalan lancar jaya.
Buat kalian yang mau liburan ke Jogja, mungkin tempat- tempat wisata yang gue kunjungi selama tiga hari liburan ini bisa jadi referensi. Dan kalo udah niat liburan, kalo bisa direncanakan dari jauh-jauh hari supaya nggak sulit cari penginapan dan transportasinya. Pilihan transportasi Jakarta-Jogja bisa by bus, kereta api, atau pesawat. Kalo mau ngirit bisa pilih kereta. Harga tiket kelas ekonomi untuk sekali jalan bisa kurang dari 100 ribu rupiah. Bisa pesan online langsung di website resminya PT.KAI (https://tiket.kereta-api.co.id). Kalo nggak mau berlama-lama di perjalanan, sekitar 7 jam jika ditempuh dengan kereta, naik pesawat bisa jadi pilihan kamu. Cari aja tiket pesawat murah, tapi jangan yang murahan ya *delay berjam-jam haha.. biasanya gue pesen di traveloka.com. harga tiket yang dibayar sudah include dengan airport tax. Waktu liburan kemarin gue pesen tiket Air Asia, harganya sekitar 380ribu sekali jalan dan hanya 1 jam perjalanan Jogja-Jakarta.
Untuk transportasi selama di Jogja, gue nyewa mobil pribadi dengan supirnya, 12 jam tarifnya 350ribu. Dengan pertimbangan, gue cuma 3 hari disana dan banyak obyek yang mau gue datengin. Pake supir karena gue nggak mau capek nyetir, karena di tempat wisatanya udah capek banget, secara destinasinya naik gunung. Kalo kamu punya waktu lebih banyak dan nggak terlalu banyak juga tujuan wisatanya, bisa ngirit dengan naik angkutan umum. Atau kalo kamu datengnya rombongan, sewa mobil bisa jadi murah meriah dong buat seharian. Kalo sewa mobil, usahakan destinasi wisata dalam sehari itu yang satu jalur atau satu wilayah, karena bisa mengirit bahan bakar juga mengurangi waktu yang terbuang di perjalanan. Nih gue ada peta wilayah Jogja dan tempat-tempat wisatanya. Mungkin bisa berguna buat kalian.
Untuk penginapan, gue saranin booking jauh-jauh hari. Apalagi kalo kalian datengnya pas long weekend. Masih ada banyak penginapan di Kota Jogja dengan tarif dibawah 100ribu per malam per orang kalo booking dari jauh-jauh hari. Kalian bisa cari penginapan dan booking langsung di traveloka.com atau agoda kalo nggak mau ribet hehe..
Nah, segitu aja dulu ya cerita liburan gue kali ini. Semoga apa yang gue bagi bisa bermanfaat. Sampai jumpa kembali di tulisan berikutnya, tentunya diperjalanan yang lebih seru.