Jogja Wonderland Part 1

Yogyakarta, memang kota yang tak asing bagi kita. Sebuah kota yang menyimpan banyak kekayaan seni dan budaya, tak terkecuali keindahan alamnya. Seminggu yang lalu gue berkunjung ke beberapa tempat, yang tak terlalu jauh dari keramaian Malioboro ataupun hiruk pikuknya jalan raya di kota ini. Akan tetapi keindahan alam tempat-tempat tersebut berhasil membuat mulut ini berdecak kagum dan mata ini nggak bisa move on dari pemandangan di setiap sudutnya. Yuk kita lihat tempat seperti apa yang gue kunjungin bersama seorang sahabat gue.

1. Waduk Sermo

Warga sekitar sering menyebutnya Bendungan Sermo. Entah bagaimana asal-usulnya Waduk ini, tapi waduk ini sangat luas.

Melihat Waduk sermo dengan air yang biru akibat pantulan cahaya dari warna langit, mengingatkan gue pada sebuah danau di ujung timur Indonesia, Danau Sentani. Kontur tanahnya mirip, yaitu terletak di atas bukit. Sehingga jika memandang ke sekeliling danau akan dipenuhi dengan pemandangan perbukitan yang indah.

Waduk Sermo terletak di sebelah barat Kota Yogyakarta, tepatnya di Kabupaten Kulonprogo, Kecamatan Kokap, dapat di tempuh dengan kendaraan bermotor dari pusat Kota Yogyakarta sekitar 1 hingga 1.5 jam saja atau sekitar 35 km dari Kota Yogyakarta. Terminal terdekat jika ingin menggunakan angkutan umum adalah Terminal Wates. Waduk ini berada di dalam Kawasan Suaka Margasatwa Kulonprogo. Kami sangat beruntung saat berkunjung cuaca sedang cerah, sehingga semua foto yang diambil berlatar langit biru yang cerah.

Setelah puas menikmati keidahan Waduk Sermo, mari kita lanjutkan perjalanan ke tempat yang tak jauh dari Waduk ini, hanya butuh sekitar 20 menit menggunakan mobil ke arah puncak gunung, kita berkunjung ke..

2. Wisata Alam Kalibiru

Pasti kalian nggak asing lagi dong ya dengan foto pemandangan di atas. Ya, ini adalah spot favoritnya para pelancong yang berkunjung ke Kalibiru. Duduk di atas papan pada pohon pinus, yang disediakan oleh pengelola fasilitas outbond dan flying fox. Dari kalibiru ini, kita dapat melihat indahnya Waduk Sermo yang dikelilingi bukit hijau sehingga begitu memanjakan mata. Di Kalibiru ini, ada 4 gardu pandang yang dapat kita kunjungi dengan berjalan kaki. Ini nih gardu pandang favorit gue..

Kereeen kaaannn pemandangannya.. ayookk buat yang suka tempat wisata alam, ini adalah salah satu tempat yang gue rekomendasikan untuk dikunjungi di jogja, dijamin nggak akan nyesel dateng ke sini. Tapi kalo kalian mau datang ke Kalibiru, pilih harinya jangan high season. Kenapa? Karena kalo terlalu padat pengunjungnya, agak kurang nyaman buat kita untuk menikmati pemandangannya dan juga akan sulit untuk foto-foto. Beruntungnya kami, waktu berkunjung ke sana tidak terlalu banyak orang dan langitnya sedang cerah bersahabat.

Setelah puas dengan keindahan alam Kalibiru, kami memutuskan untuk melanjutkan perjalanan ke sebuah pantai. Penasaran aja sih, pantai yang banyak ditulis oleh para traveler di jogja, katanya bagus. Letaknya masih di Kabupaten Kulonprogo, sekitar 2 jam jika ditempuh dengan kendaraan bermotor. Akhirnya kami sampai di...

3. Pantai Glagah

Bagi pencinta pantai, tempat ini kurang gue rekomendasikan. Kenapa? Karena pasirnya cokelat, tepi pantainya kotor dengan pasir bercampur tanah. Meskipun ombaknya tenang, tapi kurang bagus untuk snorkeling atau hanya sekedar berenang.

Akan tetapi, tempat ini bagus untuk wisata keluarga, apalagi yang punya anak kecil. Tersedia kolam renang air tawar khusus anak-anak, ada juga laguna yang lumayan luas. Di laguna tersebut ada fasilitas bebek-bebekan yang dapat disewa untuk sekedar berkeliling laguna. Gue cuma numpang makan dan istirahat di pantai ini. Lumayan enak ikan bakar yang disuguhkan oleh penjual di pinggir pantainya. Benar-benar fresh from the open ikannya. Meskipun agak amis dimulut, tapi terasa bumbunya, dagingnya masih fresh. Harganya sangat terjangkau buat para traveler yang demen ngirit koq. Selamat menikmati..

Well, setelah berpetualang ke tiga tempat tersebut, waktu sudah menunjukkan pukul 3 sore. Kami memutuskan untuk kembali ke kota jogja, karena belum chek in penginapan hehe.. dan berhubung badan agak lelah setelah semalaman di kereta nggak tidur, ditambah seharian langsung jalan ketiga tempat tersebut akhirnya kami lebih memilih beristirahat. Karena petualangan akan segera dimulai esok hari. Mau tau tempat seperti apa yang akan kami kunjungi esoknya? Baca kelanjutannya di